Pati, ISKNEWS.COM – Dari 61 desa penyelenggara pemilihan pilkades serentak di Kabupaten Pati, setidaknya ada 37 desa yang terindikasi rawan konflik. Dalam hal ini, Polres Pati bakal memberikan pengawalan ketat hingga proses penghitungan suara selesai.

“Khusu untuk desa penyelenggara yang dikategorikan rawan, kami akan memberikan penjagaan ketat. Kami akan menerjunkan 451 personel untuk pengamanan itu,” ungkapnya, Rabu (12/12/2018).

Lebih lanjut, untuk desa yang masuk dalam kategori rawan adalah desa yang terdapat lebih dari dua calon. Dari calon kades itu tidak ada hubungan suami istri atau saudara, tapi belum pernah terjadi konflik.Kategori rawan ini memiliki jumlah yang paling banyak, yakni 37 desa.

“Sedangkan kategori rawan satu adalah desa yang terdapat lebih dari dua calon dan pernah terjadi konflik di desa bersangkutan. Untuk kategori ini ada 15 desa yang terindikasi,” imbuhnya.

Sementara untuk kategori aman adalah desa yang terdapat calon dimana merupakan pasangan suami istri atau masih ada hubungan saudara. Dan desa tersebut belum pernah terjadi konflik.

“Dari 61 desa ini, ada 9 desa yang masuk dalam kategori aman,” terangnya. (WR/YM)