Beranda BERITA PATI Sumbangan Pihak Ketiga Penyelenggaraan Pilkades Serentak Dapat Sorotan

Sumbangan Pihak Ketiga Penyelenggaraan Pilkades Serentak Dapat Sorotan

98

Pati, isknews.com – Diperbolehkannya sumbangan dari pihak ketiga untuk pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, ternyata juga menjadikan efek domino. Bahkan, Bupati Pati haryanto sendiri sudah menyoroti adanya pihak penyelenggara yang mematok besaran dana secara tidak wajar,
Apalagi dirinya mengetahui bahwa ada seda penyelenggara yang menerima sumbangan dari calon hingga Rp 100 juta. Padahal, untuk kebutuhan logistik sudah dianggarkan oleh pemerintah daerah.

“Seperti di Desa Pucakwangi, itu juga terlalu tinggi dana sumbangannya. Jadi, saya minta sumbangan itu seperlunya saja, jangan berlebihan,” tegasnya, Jumat (23/11/2018).
Haryanto menambahkan, untuk besaran anggarannya sendiri sudah disesuaikan dengan jumlah penduduk desa penyelenggara. Jadi, kalapun ada kekurangan, pastinya hanya sedikit. Apalagi, selain dari pemkab, ada juga dana dari desa penyelenggara yang besarannya ditentikan sendiri oleh pihak desa.

“Semakin banyak jumlah penduduk di desa penyelenggara, maka anggaran yang di dapatkan juga akan semakin banyak. Yang penting, selalu jaga kondusifitas. Pada saat pemungutan suara, para calon juga harus siap menerima hasil penghutungan suara, entah nantinya kalah atau menang,” imbuhnya.

Selain itu, diriya juga meminta kepada para calon agar selama mencalonkan diri, mentaati dan mematuhi prosedur yang ada. Seperti halnya proses penyelenggaraan ini, para calon juga tidak diperkenankan untuk melakukan kampanye sebelum pada waktunya.
“Calon maupun bakal calon, harus memenuhi prosedur dan aturan yang berlaku dalam penyelenggaraan pilkades serentak. Ini penting karena untuk menjamin terselenggaranya pilkades yang aman dan kondusif,” terang Haryanto. (wr/ym)